Pertimbangkan Beberapa Hal Sebelum Membeli Sepatu

Essenza Quranique Bachreisy

Tuesday, 16 June 2015


Awalnya kebanyakan orang menganggap sepatu hanya sebagai pelengkap penampilan, alas dan pelindung kaki saja, tapi sesuai dengan perkembangan model busana, sepatu juga berkembang sebagai sebuah fashion tersendiri yang memunculkan beragam model, warna dan terkadang malah membingungkan pemakainya.

Dengan begitu tak jarang, wanita membeli sepatu hanya karena menyukai  modelnya saja, sehingga mengakibatkan kaki mengalami cedera yang tentunya juga sangat tidak nyaman, mungkin juga malah jadi aneh dipadankan dengan model pakaian. Karena itu tak ada salahnya jika Anda ingin membeli sepatu mempertimbangkan beberapa hal berikut ini: 

Model

Ada banyak ragam jenis sepatu yang ada di pasaran. Mulai dari model depan sampai bentuk hak (heel) sepatu. Maka, pilihlah model sepatu yang sesuai dengan kebutuhan. Anda dapat mempertimbangkan untuk apa sepatu dibeli apakah untuk di kantor, acara santai, pesta atau kebutuhan lainnya. Setiap model sepatu dapat menimbulkan kesan tersendiri dan mungkin tidak selalu cocok dengan busana yang akan dikenakan. Bila untuk jalan-jalan santai mungkin Anda dapat memilih jenis wedge. Sedangkan untuk ke pesta, sepatu jenis stiletto yang seksi.

Perhatikan pula hak sepatu. Pilihlah sepatu dengan hak yang baik dan aman, yang tidak akan membuat Anda terjatuh. Sebaiknya tidak memilih sepatu dengan model hak tinggi (high heel) bila saat menggunakannya Anda harus berdiri atau berjalan dalam jangka waktu lama, penggunaan dalam jangka waktu panjang dapat menyebabkan cedera kaki dan penyakit lainnya.

Jangan hanya memilih model sepatu yang sedang trend tetapi tidak sesuai dengan acara atau penggunaan sepatu. Yang terpenting adalah kenyamanan saat dipakai. Walaupun modelnya cantik tetapi bila tidak nyaman sebaiknya Anda memilih model lainnya yang sesuai dan terasa nyaman.


Bentuk Kaki

Bentuk kaki satu orang dengan orang lainnya tidak selalu sama. Ada bentuk kaki bulat, kotak, atau runcing. Memilih model sepatu yang sesuai dengan bentuk kaki sangat penting agar dapat merasa nyaman saat memakainya. Bila Anda memiliki model kaki kotak, sebaiknya tidak menggunakan sepatu dengan ujung meruncing karena akan menyebabkan sakit pada jari-jari kaki Anda.

Warna Sepatu

Menggunakan sepatu dengan warna yang sesuai dengan busana pasti akan menambah menarik penampilan Anda. Sebaliknya, warna yang kontras atau bertentangan dengan warna busana akan merusak penampilan. Pilihlah warna yang sesuai untuk sepatu Anda dengan warna busana yang akan digunakan pada acara tertentu.

Warna-warna aman seperti hitam, putih, abu-abu, coklat atau krem dapat menjadi pilihan dan menjadi warna yang harus dimiliki karena warna ini cocok untuk segala warna busana yang Anda miliki.

Waktu Membeli

Membeli sepatu sebaiknya dilakukan pada sore hari. Pada sore hari, kaki telah seharian melakukan banyak perkerjaan sehingga berada dalam ukuran paling besar sehingga tidak terasa sempit. Bila membeli sepatu pada pagi atau siang hari berarti Anda membeli pada waktu kaki tidak dalam ukuran maksimal. Jadi, walau pada saat itu Anda merasa pas dengan ukuran sepatu tetapi setelah dibeli dan digunakan pada sore hari, kaki dapat menjadi lecet karena kekecilan.

Mencoba Sepatu

Cara terbaik sebelum memutuskan membeli sepatu adalah dengan mencobanya. Dengan mencobanya, Anda dapat menentukan apakah ukuran sepatu telah sesuai dan apakah telah terasa nyaman. Ukuran sepatu dapat berbeda sesuai merk sepatu dan juga dapat berubah seiring bertambahnya usia, maka jangan hanya mengatakan untuk membeli satu ukuran sepatu yang biasa Anda pakai tanpa mencobanya karena salah-salah sepatu dapat terasa sempit atau longgar.

Menentukan ukuran sepatu juga dengan mempertimbangkan apakah Anda biasa menggunakan kaus kaki atau stocking. Bila Anda sering menggunakan kaos kaki atau stocking, maka pilihlah sepatu dengan ukuran yang sedikit lebih besar dibandingkan dengan memilih yang ukurannya terlalu pas.

Ketika mencobanya, pakailah sepatu secara sepasang, tidak hanya menggunakan sebelah sepatu. Hal ini karena salah satu kaki mungkin lebih besar, sehingga terasa nyaman di salah satu kaki belum tentu nyaman pula di sebelah kaki lainya. Manfaatkan cermin yang mungkin tersedia untuk melihat tubuh secara keseluruhan. Lihat juga bagaimana bila dilihat tampak samping. Dengan melihatnya, Anda dapat menentukan apakah sepatu sesuai dengan bentuk tubuh atau tidak.

Jangan hanya duduk atau berdiri tanpa bergerak ketika mencoba sepatu. Gunakan sepatu untuk berjalan di dalam toko. Lakukan gerakan duduk berdiri beberapa kali. Rasakan, apakah sepatu terasa nyaman saat digunakan berjalan atau tidak.

Pilih Sepatu yang Nyaman

Yang terpenting adalah memilih sepatu yang nyaman saat digunakan. Saat terasa nyaman, Anda dapat melangkah dengan lebih percaya diri tanpa harus tersiksa dengan kaki yang cedera.




LUSTRASI FOTO-FOTO DOK REDAKSI
MODERATOR - Penggagas KoKi : ZEVERINA
Pembaca "KOLOM KITA" (KoKi) entah di Bontang, Inggris, Bali, Belanda, New Jersey, Kuwait, Australia, atau di Kediri, silakan berbagi peristiwa seputar kehidupan sehari-hari. Kirimkan artikel dan foto melalui form "Kirim Artikel", jika mengalami kesulitan kirimkan melalui email: temennyazev@gmail.com ; kokizeverina@gmail.com


BERIKAN KOMENTAR ANDA






Lomba Blog: Cerita Hepi elevenia

William Antonius
Wednesday, 15 March 2017
Dibaca 640 kali | 0 Komentar

Hamparan Laut di Bawah Horizon Parai

Setiawan Liu - Jakarta
Wednesday, 15 March 2017
Dibaca 904 kali | 0 Komentar

Kawin Campur

Syu - Belanda
Wednesday, 08 March 2017
Dibaca 1987 kali | 0 Komentar

Menikmati Alam Musim Gugur

T.Moken-Michigan,USA
Tuesday, 22 November 2016
Dibaca 1108 kali | 0 Komentar

Glad All Over

Sirpa - Kalipornia - USA
Tuesday, 18 October 2016
Dibaca 1159 kali | 0 Komentar

Ke Taman Nasional Bako Serawak

Dewi Meong - Kuching - Malaysia
Tuesday, 27 September 2016
Dibaca 919 kali | 0 Komentar

Ke Bandung dengan Meong

Dewi Meong - Kuching - Jogja
Wednesday, 14 September 2016
Dibaca 1366 kali | 0 Komentar

Ada Colon Cancer Dalam Tubuhku

Sirpa - Kali Pornia - USA
Saturday, 10 September 2016
Dibaca 1966 kali | 0 Komentar

Kota Kuching

Dewi Meong - Kuching - Jogja
Wednesday, 07 September 2016
Dibaca 1283 kali | 0 Komentar

Ke Panti Pijat

T.Moken-Michigan, USA
Wednesday, 17 August 2016
Dibaca 2725 kali | 0 Komentar

Then and Now

Sirpa - Kalipornia - USA
Tuesday, 26 July 2016
Dibaca 1535 kali | 0 Komentar

Mohon Maaf Lahir Batin

Redaksi KoKi
Wednesday, 06 July 2016
Dibaca 1248 kali | 0 Komentar

Perayaan Asian American Pacific Islanders

Bono Anggono - Philadelphia - USA
Monday, 27 June 2016
Dibaca 1009 kali | 0 Komentar

Mencari Bono Anggono

Yunita Anggono
Monday, 27 June 2016
Dibaca 1205 kali | 0 Komentar
``


KOKINEWS

Glad All Over
Sirpa - Kalipornia - USA
Tuesday, 18 October 2016
Dibaca 1159 kali | 0 Komentar

Perayaan Asian American Pacific Islanders

Pengungsi

Brandi Chastain Sumbangkan Otaknya

Surat Terbuka Buat Ahok (1): Tahan Emosi

KOKISTORY

Ada Colon Cancer Dalam Tubuhku
Sirpa - Kali Pornia - USA
Saturday, 10 September 2016
Dibaca 1966 kali | 0 Komentar

Ilmu Yang Bermanfaat

Mahalnya Sebuah Ongkos Denda TILANG

Aku dan Kamu

Merindukan White Christmas

KOKIKOLOM

Pejabat Tionghoa
Setiawan Liu - Jakarta
Tuesday, 26 January 2016
Dibaca 2499 kali | 0 Komentar

Ayah

Gairah yang Hilang

Tepatkah Dia Untuk Anda?

Pentingkah Pembekuan Sperma?

KOKITOUR&FOOD

Hamparan Laut di Bawah Horizon Parai
Setiawan Liu - Jakarta
Wednesday, 15 March 2017
Dibaca 904 kali | 0 Komentar

Menikmati Alam Musim Gugur

Ke Taman Nasional Bako Serawak

Ke Bandung dengan Meong

Kota Kuching

KOKISIANA

Lomba Blog: Cerita Hepi elevenia
William Antonius
Wednesday, 15 March 2017
Dibaca 640 kali | 0 Komentar

Then and Now

Mohon Maaf Lahir Batin

Mencari Bono Anggono

Obong Pasar

Hai Z...

Dear God...
From Kokiers to Z...

Setiap penulis memiliki rumah. Shakespeare juga pernah bilang, bahwa kehidupan moral mempunyai "a habitation and a name", bertempat tinggal dan bernama. Mamak Z memiliki rumah bersama para penulis dan pembacanya di rumah...




© 2014 - powered by digitalbuana